Metric sebagai Penentu Best Path pada OSPF

Diartikel sebelumnya saya sempat menyinggung Metric pada ospf yang digunakan sebagai penentu Best Path pada routing protokol OSPF. Metric apa yg digunakan ? metric yg di gunakan pada OSPF ini di sebut Cost. Cost ini di dapat dari mana ? Cost ini di dapat dari Bandwidth interface. Lebih jelasnya adalah dengan rumus (Cost = Reference Bandwidth / Bandwidth Interface).

Jadi karena yg sedang kita pelajari itu perangkat cisco, maka reference Bandwidth nya adalah 100Mbit, jadi contoh misal kita menggunakan perangkat Fast Ethernet, Bandwidth Fast Ethernet tersebut adalah 100Mbit. Maka (Cost = Reference BW (100Mbit) / BW interface (FE=100Mbit) = 1) hasilnya COST=1. Cost  dengan nilai terendah akan menjadi Best Path dan masuk ke dalam routing table.

Oke pada lab berikut  kita akan mencoba trace dari source R1 int lo0 1.1.1.1 menuju ke destination R4 int lo0 4.4.4.4  apakah Path yg di lewati R2 atau R3.

bw-ospf-1

disini saya menggunakan unetlab simulator. Jadi interface yg bisa di pakai hanya interface Ethernet (BW=10Mbit). pada R1 interface e0/1 dan R1 interface e0/3 Bandwidthnya akan saya rubah menjadi BW interface Fast Ethernet yaitu 100Mbit agar Cost pada setiap router tidak sama semua, jadi kita bisa melihat bahwa cost yg terendah yg akan menjadi  Best Path dan masuk ke dalam routing table.

Konfigurasi R1 :

bw2

bw3

Kita akan rubah BW pada int e0/1 menjadi 100Mbit.

bw4

Konfigurasi R2 :

bw5

bw6

Konfigurasi R3 :

bw7

bw8

Kita akan rubah BW pada int e0/1 menjadi 100Mbit.

bw9

Setelah dirubah menjadi 100Mbit

bw10

Konfigurasi R4 :

bw11

bw12

seluruh router sudah di konfigurasi dan routing protokol OSPF juga sudah di aktifkan. Maka hasil Costnya seperti gambar di bawah :

bw13

NOTE = untuk int loopback costnya berapa ? mari kita lihat sama sama.

bw14

Oke lanjut !!!! Kita akan lihat pada routing table R1. Apakah jalur yg di pilih menuju ke R4 int lo0 4.4.4.4 melalui R2 atau R3, mari kita buktikan.

bw15

bw16

Pada gambar terlihat bahwa dari R1 menuju R4 melalui hop ip 13.13.13.3 yaitu R3. Mengapa demikian ? karena cost terendah berada pada jalur R3, sedangkan R2 memiliki Cost yg lebih besar dibanding R3. Karena OSPF memilih jalur dengan cost terendah untuk di jadikan best path, lalu best path tersebut yg di masukan ke dalam routing table OSPF. Lalu berapakah metric/cost jika melewati R2 ? oke lanjut !!!! caranya adalah Kita akan shutdown out interface R1 yg melewati R3 yaitu interface e0/1. Ini dilakukan agar jalur menuju R4 berpindah melewati R2.

17

Setelah shutdown, kita lihat lagi route menuju R4, apakah sudah berpindah ke R2.

18

19

Jalur sudah berpindah melewati R2 untuk menuju ke R4, Metricnya yaitu 21 lebih besar jika di bandingkan kalau melewati R3. Jadi kesimpulannya ospf menentukan jalur terbaiknya menggunakan SPF algorithm. Dimana jalur dengan cost terendah yg akan di pilih. Bagaimana kalau lewat R2 dan R3 Cost nya sama ? jika kedua jalur costnya sama ini disebut sebagai Load Balancing. OSPF akan menggunakan kedua jalur tersebut secara 50/50. Pada OSPF load balancing mempunya beberapa syarat dan ketentuan. Yaitu :

  • Setiap Pathnya harus memiliki Cost yg sama
  • 4 Path dengan Cost yang sama akan di tempatkan pada Routing Table
  • Maksimal 16 Paths
  • Untuk merubah Cost pada Path menjadi sama, maka rubah Cost pada Interface (jika ingin manual menyamakan Cost pada Beberapa Path)

Kita akan coba mengembalikan Bandwidth interface e0/1 pada R1 dan e0/1 pada R3 menjadi seperti semula yaitu 10Mbit. Agar terjadi Load Balancing. Mari kita coba dan buktikan !!!

20

21

Setelah kita rubah kita akan lihat apakah Load Balancing sudah bekerja. Jangan lupa int e0/1 pada R1 yang tadi kita shutdown kita no shutdown terlebih dahulu.

22

23

24

Terlihat pada routing table di atas, inilah yg di maksud Load Balancing. Demikian penjelasan saya mengenai Metric/Cost pada Routing Protocol OSPF, untuk kurang lebihnya mohon di tambahkan, sekian dari saya. Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s